penyebab utama ejakulasi dini
Kesehatan

5 Penyebab Utama Terjadinya Ejakulasi Dini Pada Pria

Gangguan fungsi seksual atau sering dikenal dengan ejakulasi dini dapat menyebabkan kecemasan dan stress dan pada akhirnya akan menimbulkan disfungsi ereksi. Berikut daftar lima penyebab paling umum dari ejakulasi dini.

1. Disfungsi Ereksi – Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi di mana seorang pria tidak dapat membuat penis mereka ereksi, atau mempertahankan ereksi setelah tercapai.

Ini adalah penyakit pembuluh darah yang membatasi aliran darah yang cukup ke penis, meskipun seringkali mungkin timbul dari masalah kesehatan lain seperti tekanan darah tinggi dan depresi. Jika Anda memiliki disfungsi ereksi, Anda mungkin berisiko didiagnosis mengalami ejakulasi dini.

Beberapa gejala disfungsi ereksi antara lain sebagai berikut:

  • Berkurangnya minat pada seks
  • Libido rendah
  • Tidak bisa menjadi sulit untuk berhubungan intim
  • Tidak dapat mempertahankan ereksi
  • Konsentrasi terhambat
  • Suasana hati yang lebih rendah
  • Hubungi spesialis kesehatan pria untuk mengobati ejakulasi dini akibat disfungsi ereksi.

2. Faktor Psikologis – Pria dengan masalah psikologis mungkin mengalami kesulitan mengontrol saat mereka orgasme.

Beberapa faktor psikologis umum yang dapat berkontribusi pada DE meliputi:

  • Pelecehan seksual
  • Pengalaman seksual awal
  • Harga diri dan citra tubuh yang rendah
  • Perasaan bersalah dan malu tentang seks
  • Depresi

Tingkat keparahan ejakulasi dini Anda mungkin dipengaruhi oleh cara Anda mengatasi dan mengelola perasaan ini.

Dalam kebanyakan kasus, yang terbaik adalah berbicara dengan spesialis kesehatan seksual pria atau terapis kesehatan mental untuk membantu Anda menerima kondisi Anda. Profesional terlatih ini akan mengidentifikasi, meresepkan, dan membantu Anda mengelola gejala untuk kehidupan seks yang lebih baik.

3. Masalah Hubungan dan Kecemasan Kinerja Seksual – Masalah hubungan yang tidak terkendali dan kecemasan kinerja dapat berkontribusi pada ejakulasi dini.

Jika ini pertama kalinya Anda dengan pasangan baru, tidak jarang Anda menjadi terlalu bersemangat dan ejakulasi terlalu cepat. Ini dapat berlaku kapan saja, apakah itu pertama kalinya Anda menjelajahi hubungan seksual baru atau yang kesepuluh.

Kecemasan kinerja seksual adalah ketika perasaan gugup mengatasi kemampuan Anda untuk mengontrol ereksi Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di National Institutes of Health, kecemasan kinerja mempengaruhi 9 hingga 25% pria. Ini juga mempengaruhi wanita pada tingkat yang lebih rendah.

Masalah hubungan juga dapat menyebabkan ejakulasi dini. Ejakulasi dini sekunder mungkin timbul, misalnya, jika Anda pernah melakukan hubungan seksual yang sukses sebelumnya dengan wanita lain tetapi tidak dengan pasangan Anda saat ini.

4. Gangguan Produksi Hormon – Pria yang sering mengalami ejakulasi dini melakukannya karena penurunan hormon alami yang ditemukan dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, kadar hormon luteinizing, prolaktin, dan hormon perangsang tiroid secara signifikan lebih rendah pada pasien dengan ejakulasi dini.

5. Stres – Perasaan stres, baik pada tingkat emosional atau mental, dapat berkontribusi pada risiko ejakulasi dini atau cepat yang lebih tinggi. Stres memicu hormon seperti kortisol dan produksi norepinefrin di otak, yang meningkatkan risiko gangguan ejakulasi normal dan fungsi seksual pria.

Anda mungkin juga suka...