default featured image
Kesehatan

5 Manfaat Temulawak yang Nyata dalam Merawat Fungsi Organ Tubuh

unnamed 51

Source: https://yandex.com/images/touch/search?text=Temulawak&pos=3&img_url=https%3A%2F%2Fi.postimg.cc%2FKvhKWS18%2Ftemulawak.png&rpt=simage

Temulawak merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sangat bermanfaat. Banyak orang yang juga menggunakannya sebagai sumplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ini sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat temulawak berasal dari bahan aktif yang menjadi sumber kekuatan bagi tubuh. 

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi temulawak dalam jumlah yang tepat? Berikut adalah ulasannya. 

  • Mengatasi Peradangan Hati 

Temulawak mengandung senyawa kurkumin yang dapat mengatasi penyakit hati. Akan tetapi, tidak semua jenis penyakit hati dapat diatasi dengan meminum air rebusan temulawak. Karena beberapa penyakit seperti Hepatitis disebabkan oleh virus. 

Demi mematikan penyakit tersebut, dibutuhkan tenaga ahli yang bertindak untuk memberikan perawatan. Dokter Spesialis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Divisi Hepatologi FKUI, Irsan Hasan, mengatakan bahwa air rebusan temulawak terbilang cukup aman jika dikonsumsi setiap hari demi menjaga kesehatan hati.

  • Memaksimalkan Kinerja Otak

BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor) merupakan gen yang terlibat dalam pembentukan protein saraf otak. Kinerja BDNF yang terhambat akan membuat seseorang mudah depresi dan menderita Alzheimer. Menurut penelitian, temulawak dapat meningkatkan kadar BDNF tersebut. Sehingga, rutin mengonsumsi temulawak dapat membantu memperbaiki daya ingat. 

  • Memelihara Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade. Tidak mengherankan jika penyakit jantung adalah penyakit yang sangat rumit dan banyak hal yang melatarbeakangi penyebabnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat temulawak lainnya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan dan oksidasi. Dalam satu penelitian terhadap 121 orang yang menjalani operasi bypass arteri koroner, para peneliti menugaskan mereka untuk mengonsumsi 4 gram temulawak setiap hari sebelum dan sesudah operasi. Alhasil, mereka mengalami penurunan risiko serangan jantung hingga 65%. 

  • Anti Inflamasi Alami 

Temulawak memiliki anti inflamasi yang berperan dalam memperbaiki kerusakan dan membantu melawan “benda asing” dalam tubuh. Zat tersebut juga membantu mengatasi radang sendi atau arthritis. Ini merupakan masalah umum yang sering terjadi di negara-negara Barat. Bahkan, Dalam sebuah penelitian pada orang dengan rheumatoid arthritis, temulawak bahkan lebih efektif dibandingkan dengan obat anti-inflamasi.

  • Mengatasi Penyakit Alzheimer

Manfaat temulawak berikutnya adalah mengatasi penyakit Alzheimer yang merupakan bentuk paling umum dari demensia. Ini adalah jenis penyakit yang berkaitan dengan gangguan fungsi otak seperti kerusakan oksidatif dan peradangan. 

Alzheimer ditandai dengan adanya penumpukan plak amyloid pada otak yang menyebabkan penderitanya kehilangan daya ingat ringan. Seperti yang diketahui bahwa belum ada obat yang mampu meyembuhkan penyakit ini. Namun, kandungan kurkumin pada temulawak mampu mengikis plak amyloid dan menghalangi perkembangan penyakit Alzheimer tersebut. 

Nah, itulah ulasan tentang manfaat temulawak yang tidak boleh terlewatkan. Umbi-umbian yang tergolong sebagai bumbu dapur ini ternyata memiliki beragam manfaat dalam menjaga kesehatan organ hati, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak, dan lainnya. 

Untuk dapat merasakan manfaat tersebut, Anda bisa membeli temulawak segar dan berkualitas di TaniHub. Ini merupakan platform belanja sayur dan buah online yang mampu menjawab semua kebutuhan Anda. Di sini, Anda akan mendapatkan pilihan temulawak dengan harga yang pas plus layanan berbelanja yang sangat mudah. 

Klik di sini untuk mendapatkan info lebih lanjut. Jangan lupa cek-cek promo menariknya yaaah!